Ads 468x60px

Featured Posts

Dasar Pembuatan Blog yang benar II : Pemilihan Domain KOD ato Brandable Domain

Melanjutkan  pembahasan kemari Dasar pembuatan blog yang benar : mengenali asalvisitor maka disini akan saya jabarkan supaya para blogger bisa berimajinasi dalam pembuatan domain yang benar serta tujuanya jelas dan bisa di monetize, dan yang perlu diinget ini yg saya bahas benar2 teknik dasar yg kuno yah..manual banget.. murni SEO white HAT tanpa menggunakan embel2 software2 blast lainnya, tp justru yg kuno2 gini yg 'agak' lebih aman dari sistem google yg manapun meski algoritma google dinosaurus telah diterapkan.


Dalam pemilihan nama domain di bagi 2 konsep yakni
  • KOD(Keyword On Domain)  istilah resminya yang benar apa intinya keyword dijadiin nama domain. Misal blog saya pribadi : www.freeappliances.org (full keyword on domain niche peralatan rumah tangga) jadi optimasinya tidak terlalu sulit.
  • Brandable Domain kita bikin merk sendiri buat blog kita , seperti detikdotcom (detik bukan termasuk keyword yg sedang dicari) atau situs saya yang lainya www.lodgenorthstar.com ( niche mengarah tips kesehatan).
Nah Sekarang keuntungan dan kerugian


  •  KOD (Keyword On Domain)
Keuntungan

Dalam posisi jumlah persaingan dengan optimasi yang sama (tanpa seo offpage dan seo onpage) KOD akan mudah menduduki halaman 1 Search Engine(SE).

Contoh kasus :

Saya gunakan domain saya pribadi freeappliances.org Misal setelah riset keyword kita dapet keyword "appliances guide", “appliances review” ”home appliance guide” setelah diteliti persaingan lumayan ringan dan keyword yang satunya lagi persainganya tinggi ..ketika keyword tersebut persainganya ringan.. blog saya mau diiisi artikel apa saja dan tidak pakai seo on page...cuma maen Title dan deskiripsi blog aja uda bisa kok masuk page 1 (SE) tanpa backlink sekalipun dan ini sudah saya coba..saya kasih 1 artikel.. lalu saya biarkan selama seminggu masuk page 1 urutan 8 dan sekarang menjadi keyword abadi di posisi halaman 1 baris 1 untuk semua keyword yang saya cantumkan di google.com sasaran visitor US ingat bukan google.co.id, karena nama domain tersebut  sudah sangat menolong, apalagi template yang saya gunakan pada blog saya ini full SEO friendly, fast loading, karya virtarich, jadi optimasi tidak terlalu sulit.

KOD inipun juga ada kastanya.. domain .org lebih di utamakan kemudian .com, baru  .info paling rendah.. jadi misal ada yg beli domain seperti punya saya tapi beda extensi seperti .com dalam posisi optimasi yg sama ..maka domain saya yg .org bakal mengalahkan .com baru disusul .info.

Kerugian

Masalah kedua kalau domain pakai KOD adalah kita jadi terbatas mau bikin artikel apa di blog kita ..misal blog saya ini membahas tentang peralatan rumah tangga kita jadi terbatas bikin artikel yg behubungan peralatan rumah tangga saja meski google trend sedang menunjukkan penurunan grafik. Tidak mungkin kita bikin artikel tentang topik berita teknologi handphone terbaru meskipun kita tau artikel itu bisa mendatangkan tambahan pengunjung.. emang tidak nyambung aja dliatnya ..tetapi jika kawan2 blogger memaksa sedikit tidak apa2 ..saya pernah nyoba sendiri artikel pembahasan peralatan rumah tangga berubah menjadi artikel bahas tentang pendidikan, jadinya aneh kadang untuk SERP engine kualitas blog kita menjadi turun (kecuali optimasi perhalaman).

Nah dengan keuntungan dan kerugian itu..apa masih banyak kawan2 yg pake KOD? BANYAK BANGET! Ini biasanya dlakuin blogger2 yg punya modal kuat.. ternak blog ato bisa juga sih diakalin pake banyak blogspot yg gratis.. ato pake subdomain... tergantung kepercayaan dan kreativitas masing2  banyak blog dengan niche beda-beda dan akhirnya membentuk suatu skema linkwheel saling berhubungan antar satu blog dengan blog lainya. Salah satunya blogspot milik saya ini juga KOD.
  • Brandable Domain
Nah yg kedua ini kita bikin merk buat blog kita sendiri.. misal trianoragadotcom domain contoh, domain ini belum dibeli!! Domain ini bisa digunakan berbagai macam niche seperti portal berita, keuntunganya saya bisa suka2 mau bikin artikel apa saja di situ asalkan melihat google trend ..misalnya saya bikin artikel dengan keyword "Appliances Guide" maka saya  bisa kalahikan posisi freeappliances.org asal saya melakukan optimasi yg lebih di artikel tersebut daripada yg sudah dilakukan pada domain freeappliances.org.. akibatnya? ya otomatis visitor saya bisa lebih banyak asal optimasinya dilakukan secara serius, tapi kalau keyword nya sama, pesaing pakai KOD dan sama2 dioptimasi serius, maka artikel pada domain trianoragadotcom langsung kalah oleh domain KOD.

Jadi dalam pembuatan blog tergantung selera kawan2 blogger, mau spesifik atau campuran semua itu ada tujuanya untuk di monetize.

bersambung

Tidak ada komentar: